Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Tentang SPAN-PTKIN Tahun 2024-2025

Info Mengenai SPAN-PTKIN Tahun 2024-2025

foto logo span ptkin
Logo SPAN-PTKIN

Sekilas Tentang SPAN-PTKIN

Sesuai dengan UU No. 12 Thn 2012 mengenai Pendidikan Tinggi & Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. Tahun 2014 mengenai Penyelenggaraan Pendidikan & Pengelolaan PT ditetapkan bahwa pola penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN / PTN dengan Prodi keagamaan (seterusnya disebut Perguruan Tinggi) di Indonesia dilakukan secara nasional & bentuk lain. 

Model seleksi secara nasional pada PT disebut Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri & pola seleksi bentuk lain yang dilakukan secara bersama oleh perguruan tinggi disebut Ujian Masuk PT Keagamaan Islam Negeri atau di singkat UM-PTKIN. Dengan kedua model seleksi tersebut yg diikuti banyak calon mahasiswa di Indonesia tanpa membedakan ras, suku, agama,  kedudukan sosial , jenis kelamin,dan tingkat kemampuan ekonomi.

SPAN-PTKIN ini adalah merupakan model seleksi yg biasanya dilaksanakan secara nasional oleh seluruh PT dalam satu sistem yang terpadu & dilaksanakan juga secara bersama oleh Panitia Pelaksana yg ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Untuk mengenai biaya pelaksanaannya SPAN-PTKIN ditanggung oleh negara, jadi peserta tersebut tidak dipungut biaya pendaftaran. SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh sebanyak59 PT yang harus memenuhi prinsip transparan, adil, & tidak diskriminatif dg tetap fokus memperhatikan dari potensi calon mahasiswa & kekhususan PTKIN.

PT sebagai penyelenggara pendidikan sesudah MAK/SMA/MA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah dapat menerima calon mahasiswa yg berprestasi akademik tinggi & diprediksi akan bisa berhasil menyelesaikan studi di PT berdasarkan rekomendasi dari Kepsek/Madrasah. Siswa yg berprestasi tinggi & secara konsisten akan menunjukkan prestasinya tersebut hingga bisalayak mendapatkan kesempatan untuk bisa menjadi calon mahasiswa di PT melalui SPAN-PTKIN.

Universitas Yang Terdaftar SPAN-PTKIN

  1. UIN Sumatera Utara Medan
  2. UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  3. UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  4. UIN Imam Bonjol Padang
  5. UIN Syahada Padangsidimpuan
  6. UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  7. UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  8. UIN Raden Fatah Palembang
  9. UIN Raden Intan Lampung
  10. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  11. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  12. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  13. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  14. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  15. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  16. UIN Walisongo Semarang
  17. UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  18. UIN Raden Mas Said Surakarta
  19. UIN Profesor K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  20. UIN Salatiga
  21. UIN Sunan Ampel Surabaya
  22. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  23. UIN Antasari Banjarmasin
  24. UIN Mataram
  25. UIN KH.Achmad Siddiq ( KHAS ) Jember
  26. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  27. UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  28. UIN Alauddin Makasar
  29. UIN Datokarama Palu
Untuk melihat kampus lainnya seperti IAIN DAN STAIN silahkan akses situs ini https://span. ptkin. ac. id/ prodi

Saya ucapkan begit banyak rasa terimakasih kepada yang telah membaca dan membuka situs blog sederhana ini dengan judul Informasi Mengenai SPAN-PTKIN untuk tahun ajaran 2024-2025 .Semoga saja dengan info ini bisa membantu memberikan sedikit manfaat buat para  pengunjung semuanya. Jangan lupa untuk membantu menyebarluaskan informasi ini ke media sosial nya ya sobat baik itu ke  WA, facebook, Instragram dll.

Posting Komentar untuk "Informasi Tentang SPAN-PTKIN Tahun 2024-2025"

foto pendaftaran stmik triguna dharma medan